Setidaknya Bisa Menjaga Nama Baik Kampusku


Hai hai haiii
ketemu lagi nih di blog aku yang telah lama tak terisi, namun tetap dirawat walau hanya ganti ganti tema doang. hehe
Oke kali ini aku mau share kecintaanku sama kampus ku tercinta UDINUS (Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
udinus pada malam hari (sumber google)

Sudah tau kan Udinus apa ? dan dimana letaknya ?
Udinus merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Jawa Tengah, kampus berbasis teknologi dan kewirausahaan ini memang merancang mahasiswanya untuk mempunyai jiwa entrepreneur. Di era yang semakin modern ini persaingan lebih ketat dan kita dituntut untuk terus berfikir cerdas, cepat, dan dapat menciptakan hal yang baru. Udinus juga memiliki stand khusus guna memfasilitasi dan menunjang mahasiswanya untuk berwirausaha.

Udinus terletak di pusat kota Semarang, Jawa Tengah. Letak Udinus ini memang sangat strategis dekat dengan Tugu Muda, Lawang Sewu, Stasiun Kereta Api Poncol, Bandara Ahmad Yani, dan Rumah Sakit Karyadi Semarang. 

Alamat Udinus sendiri ada di Jl. Imam Bonjol 207 dan Jl. Nakula I No 5-11 Semarang. Letak Udinus ini sangat mudah untuk di akses dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum jadi tak perlu khawatir untuk kuliah disini.
foto udinus dr atas (sumber fanpage resmi udinus)
Oiya sebelum aku share aku mau cerita nih bagaimana kok bisa masuk kampus Udinus ? dari hati yang paling dalam aku emang ingin masuk kuliah di jurusan komputer-komputer gitu. Lalu saat itu aku browsing ketemu kampus yang sesuai sama keingian ku, apa lagi kalau bukan UDINUS, Universitas yang sudah terkenal dengan IT nya se-Jawa Tengah. Kebetulan aku orang Semarang jadi nggak perlu sewa kos. Ditambah lagi program studi Udinus telah terakreditasi A, fasilitas pendukung pembelajaran lengkap dan moderen dan didukung oleh tenaga kerja ahli yang profesional menjadikan Udinus berkembang pesat. Udinus memiliki jenjang pendidikan D3, D4, S1, S2.
Berikut 5 Fakultas yang dimiliki UDINUS;
-Fakultas Ilmu Komputer
-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
-Fakultas Ilmu Budaya
-Fakultas Kesehatan
-Fakultas Teknik

Televisi Kampus Udinus (sumber google)
UDINUS termasuk kampus unggulan yang mempunyai banyak kerjasama dengan kampus kampus di luar negeri, Udinus juga sudah mempunyai Channel TV sendiri loh guys. Pasti kalian sudah tau kan, yaitu Channel TVKU (Televisi Kampus Udinus), keren kan !! nah berikut ini gambar studio TVKU yang berada di gedung E lantai 2.

Udinus juga memiliki UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk menyalurkan bakat mahasiswanya. Beberapa UKM di Udinus sudah banyak menoreh prestasi penghargaan lomba di tingkat Nasional. Keren kan πŸ‘πŸ‘

Selain UKM, Udinus tentu memiliki Organisasi Mahasiswa; ada Badan Eksekutif Mahasiswa, ada Himpunan Mahasiswa, dan ada komunitas komunitas yang bisa kalian ikuti. Bermanfaat banget jika kalian bisa ikut serta menjadi bagian dalam UKM atau Organisasi Mahasiswa ini, banyak banget pengalaman yang bisa kamu dapat dari sini; kamu bisa tambah jaringan pertemanan, bersikap dan berfikir dewasa, melakukan hal hal positif, melatih kedisiplinan dan tanggung jawab, di tambah lagi bakat kamu bisa tersalurkan, complete banget kan !πŸ‘Œ Jadilah mahasiswa yang aktif guys.

Ini nih serunya jadi bagian mahasiswa Udinus !

Gak Percaya ? Baca cerita dibawah ini 

πŸ‘‡πŸ‘‡ sampai habis πŸ‘Œ

Singkat cerita aku sudah daftar di Udinus dan diawal awal ada penawaran program yang cukup menarik, yaitu Program IUP (International Undergraduate Program). Apa sih program IUP ?? salah satu program IUP itu program yang nantinya ada pertukaran pelajar di luar negeri pada semester 3 selama 1 semester dengan kampus yang telah bekerjasama dengan Udinus. Kalau kamu penasaran lebih detail IUP Udinus seperti apa dan bagaimana klik disini.

(sedikit curhat ya guys) begitu ada penawaran ada program IUP bapak ku langsung wuuuhh, bener bener kayak membujuk aku untuk masuk program tersebut 😐. Okelah karena aku ingin sedikit membahagiakan orang tua ku, aku coba untuk mengikuti test untuk masuk program tersebut. Pada saat itu aku mengikuti tes TOEFL, dimana untuk program ini minimal score toefl >= 450. Lalu tahap selanjutnya tes wawancara orang tua dan mahasiswa. Dan setelah menunggu hasil seleksinya aku dinyatakan lolos masuk program ini(yeeeee !!πŸ˜‚πŸ™ŒπŸ™†) sedikit bangga bisa membuat orang tua senang. 

Perlu diketahui program ini menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris, di persiapkan untuk mobility nantinya. Sebenernya aku merasa kurang dalam bahasa inggris, tapi aku tak patah semangat agar aku harus bisa bahasa inggris dengan lancar. Karena aku mau menjaga nama baik Udinus saat aku mobility. Dan akhirnya aku mengikuti beberapa bimbel bahasa inggris untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris ku pada semester 1 dan 2.

Akhir semester 2 hampir usai, jiwa raga masih di Semarang tapi pikiran sudah terbayang bayang di Malaysia, 😍 haha bagaimana tidak ? aku yang nggak pernah sama sekali naik pesawat apa lagi keluar negeri sekarang ada kesempatan untuk sekolah di luar negeri membawa nama baik kampus Udinus dan Indonesia. Aaaaa seneng banget !!πŸ˜πŸ˜„

Disela sela sibuk packing dan nyiapin semua kelengkapan surat yang diperlukan, kami tak lupa sebelum berangkat berpamitan dan meminta doa restu dengan beberapa petinggi di Udinus, kami berpamitan dengan bapak Rektor Dr. Ir . Edi Noersasongko, M.Kom., bapak Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Abdul Syukur, bapak Kaprogdi Teknik Informatika (S1) Heru Agus Santoso, M.Kom., Ph.D. dan masih banyak lagi.
Beliau banyak menyampaikan pesan yang salah satunya agar kami tetap menjaga nama baik almamater kita saat disana. 
foto saat pamitan untuk pergi mobility
(sumber hp saya sendiri)

28 Agustus 2016 kita terbang dari Bandara Ahmad Yani-KLIA kita sengaja lebih cepat seminggu terbangnya karena untuk penyesuaian lingkungan dulu saat awal awal disana.
foto saat dibandara
(sumber hp saya sendiri)
Salama kita disana tinggal di Dormitory letaknya di Emerald Park, Bukit Beruang, letaknya memang agak jauh untuk sampai ke kampus kurang lebih 30 menit perjalanan.  
Dormitory emerald park

Oiya, di program mobility ini ada beberapa Universitas yang bisa kita pilih, namun di kesempatan ini aku melilih di UTeM, Melaka, Malaysia. Di angkatan ku ada 19 orang pergi mobility, 10 orang di UTeM (termasuk aku) dan 9 orang di UUM(Universiti Utara Malaysia).

Awal kita masuk nih guys

5 September 2016,  Awal masuk kuliah di UTeM (Univesiti Teknikal Malaysia Melaka) dengan mata kuliah Web Application Development (in Udinus perograman internet) yang diampu oleh dosen Puan Norazlin, awal-awalnya aku merasa minder dengan mahasiswa disana, mahasiswa disana sudah seperti bentul betul menguasai mata kuliah tersebut, pada pertemuan pertama, kita perkenalan, membahas kontrak kuliah, dan langsung di lanjut materi serta tugas. Dan durasi kuliah UTeM 2 jam guys πŸ˜–, tak pelah dinikmati dan di jalani. Karena keadaan yang memaksa kita, dengan cepat kita adaptasi dan pada akhirnya kita bisa menyeimbangi mereka 😎 
di UTeM kita mengambil 18sks 6subject diantaranya;
Web Application Development, Operating System, Computer Organization and Architecture, Algebra, Statistic and Data Communication.

suasana kuliah pada saat kelas practice
suasana kuliah saat kelas lecture
Mahasiswa disana banyak ingin tau Udinus kampus yang bagaimana ? letaknya dimana ? banyak sekali yang mereka tanyakan. Kesempatan banget dong aku explain semuanya tentang Udinus, mahasiswa/i disana juga friendly, care banget sama kita. Di mata mereka Udinus di pandang baik loh guys, betapa bangganya aku menjadi bagian dari Udinus.

Di UTeM sebenernya kita nggak hanya orang 10 dari Udinus, ada kakak tingkat yang masih menjalankan S2 nya di UTeM. Mereka dulu juga pernah mobility, jadi membantu kita banget, terima kasih kakak tingkat yang telah memandu dan mengayomi kita selama di Malaysia ☺. Kita saling sharing mulai dari tempat wisata di Melaka sampe tips dan trik saat menghadapi ujian di UTeM. 

Saat-saat meneganggkan di UTeM 

UTS dan UASnya hmmm.....

"suhu badan dan suhu otak berbanding terbalik" 
Ketika ujian kita bakal di hadapkan dengan soal 2 bahasa, Bahasa Inggis dan Bahasa Melayu yang membuat otak kita panas sepanas-panasnya. Sedangkan ruangan ujian disana begitu dingin banget guys.

Ujian di selenggarakan di Dewan Besar, dalam sekali ujian tidak hanya 1 subject yang di ujikan, karena tempat Dewan Besar ini sungguh luas, dingin, dan luar biasa. 
Walaupun luas guys, disini sangat ketat penjagaannya, banyak dosen yang bakal mondar mandir dan kalau mau ke kamar kecil harus izin pengawas dan tanda tangan dulu. Ya mirip ujian SBMPTN lah, dibawah ini gambaran saat ujian UTS di Dewan Besar, tapi ini fotonya saat ujian belum berlangsung. Super sekali guys !πŸ‘
UTS didewan besar
(sumber hp saya sendiri)
8 Januari 2017, Kami telah selesai mengikuti seluruh pembelajaran di UTeM. Sebelum pulang kami berpamitan dengan international office, beberapa dosen dan teman teman mahasiswa disana serta menyempatkan foto bersama.



Foto dengan lecture Dr NGO dan teman teman pada subject Algebra
(sumber hp saya sendiri)
Foto dengan lecture Ncik Hakim dan teman teman
 pada subject Computer Organization and Architecture

Oiya selama kami disana ikut berpartisipasi berbagai acara, diantaranya international cultural festival, welcoming party awarding of carnival event and gathering with international student, dll.

foto diambil saat acara
International Cultural Festival di depan FTMK
(sumber hp saya sendiri)
foto diambil saat acara
welcoming party, awarding of carnival event gathering with international students.
(sumber hp saya sendiri)

15 Januari 2017, beberapa dari kita ada yang pulang terlebih dahulu.
hmm.
.. di UTeM memang banyak kenangan, pengalaman selama belajar disana, Aku dan teman teman berharap sekali untuk bisa kembali ke UTeM untuk meneruskan S2 nanti, Amin

sekedar info tambahan, sebenernya banyak program-program Udinus yang bisa kalian ikutin, kalian bisa liat di halaman Udinus www.dinus.ac.id atau berkunjung langsung ke International Office Udinus.

Yap sekian dulu yaa guys, masih banyak keunggulan keseruan kuliah di Udinus yang nggak bisa aku ceritakan disini.


Aku bangga jadi bagian mahasiswa Udinus. 
Setidaknya bisa menjaga nama baik almamater kita.
 UDINUS POLKEπŸ‘
 foto diambil di depan dewan besar UTeM
*dalam foto ini hanya 9 orang karena 1 orang berhalangan hadir
(sumber hp saya sendiri)

*maaf kalau ada salah salah kata dan kurang berkenan di hati pembaca. Silahkan
 isi kolom komentar untuk kritik dan saran yang membangun. Sekian dan Terima Kasih :)

http://dinus.org/lombablog/
lomba blog udinus

Komentar

  1. Wah pengalamannya udh lumayan bs kuliah di luar negri. Yg jelas tetep jangan sampe lupa sama negaranya sendiri ya.. ilmu yg didapat disana diterapkan dan di share ke teman2 yg lain yg blm pernah ada kesempatan kuliah disana.. ditunggu pengalaman2 dan sharing2 nya yg lain ya !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pasti dong bakal aku share pengalaman ku when i study abroad in Malaysia.
      ok next time aku bakal sharing pengalamanku di blog ini.
      makasih juga sudah mengunjungi blog ku :)

      Hapus
  2. Wah... Menarik sungguh penerangan kamu berkenaan udinus dan utem.

    Tahniah dan selamat maju jaya. ☺☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou sir.
      Amin.
      Salam buat mahasiswa UTeM disana 😊😊😊

      Hapus
  3. Photoku kok gak ada huh -_-... Nice

    BalasHapus
  4. wah reviewnya keren tentang dinus, Tapi Apa kamu Ingin tahu UDINUS saat ini ?
    Kalian tahu Dinus Mall ? apa itu Dinus Mall, Kampus Idamanku...
    Udinus Goes to Mall Pertama Kali di Indonesia

    BalasHapus

Poskan Komentar

Pos populer dari blog ini

Join in subject Web Application Development